Ada beberapa cara menghilangkan penyok pada mobil yang bisa kamu lakukan. Selain dibawa ke bengkel, kamu juga bisa menghilangkan penyok mobil menggunakan bahan-bahan rumahan.

Penyok pada mobil bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya karena menabrak suatu benda, kecelakaan, hingga kelalaian diri sendiri saat berkendara.

Namun, tak perlu khawatir karena hal tersebut bisa diperbaiki. Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa mencoba cara memperbaiki mobil penyok dengan bahan-bahan berikut.

Cara memperbaiki penyok pada mobil

Banyak orang akhirnya mencari tahu cara memperbaiki penyok pada mobil untuk bisa meminimalisir pengeluaran perawatan mobil kesayangan.

Sah-sah saja sebab ternyata bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menghilangkan penyok pada mobil cukup mudah ditemukan di sekitar kita.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara memperbaiki penyok pada mobil.

1. Menghilangkan penyok pada mobil menggunakan air panas

Memperbaiki mobil yang penyok dengan menggunakan air panas. Dengan Memanfaatkan air panas sebagai media penghantar panas pada bagian body mobil yang penyok.

Sesuai dengan hukum fisika yang dipelajari saat berbeda di bangku sekolah dulu, di mana dengan memanfaatkan air panas akan dengan mudah menarik bagian body mobil yang masuk ke dalam akibat benturan hingga kembali ke keadaan semula.

Bahkan, cara memperbaiki penyok mobil ini bisa dilakukan saat bumper penyok. Sekalipun bumper mobil kita memiliki sensor parking belakang, tetapi cara ini tetap ampuh diterapkan.

Meskipun begitu, yang perlu kalian ingat adalah jenis bumper yang bisa menggunakan air panas untuk menghilangkan penyok pada mobil adalah bahan plastik atau serat karbon.

Berikut ini adalah langkah untuk menghilangkan penyok pada mobil.

1. Pastikan air panas sudah tersedia dan dituang ke dalam wadah seperti ceret atau teko.
2. Lalu siramkan sedikit demi sedikit air panas tersebut pada bagian mobil yang penyok berbentuk cekung tersebut.
3. Ambil kain lalu selimuti bagian body mobil penyok yang telah disiram air panas, berikan tekanan di bagian body mobil yang penyok.
4. Saat suhu berubah menjadi sedikit lebih hangat, maka kita bisa mendorong bagian body mobil yang penyok tersebut dari dalam ke luar secara perlahan.
5. Beri tekanan yang tidak terlalu lembut tetapi tidak terlalu keras. Sebab, bila tekanan yang diberikan terlalu keras maka berpotensi memperparah keadaan penyok tersebut hingga pecah.
6. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita bisa mengulangi langkah tersebut beberapa kali sampai mendapatkan bentuk body mobil yang sempurna.

2. Menggunakan Hair Dryer dan Cairan Karbondioksida

kalian dapat memanfaatkan pengering rambut atau hair dryer dan dengan bantuan cairan karbondioksida sebagai salah satu cara memperbaiki bodi mobil yang penyok. kalian dapat membeli karbon dioksida cair di toko-toko kimia terdekat.

Berikut langkah-langkah memperbaiki bodi mobil dengan hair dryer:

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu pengering rambut dan sebotol cairan karbondioksida cair. Nyalakan hair dryer kemudian arahkan udara panas ke bodi mobil yang mengalami penyok. Lakukan hal itu terus menerus hingga dirasa cukup panas.

Memanaskan area tersebut akan berbeda dari setiap kondisi penyok pada mobil kamu. Untuk bagian penyok yang besar biasanya membutuhkan setidaknya 3-5 menit.

Setelah itu, segera semprotkan karbondioksida cair pada bagian yang telah dipanaskan. Kemudian tekan-tekan kembali sampai kembali lagi ke bentuk asalnya.

Cara ini memanfaatkan perubahan suhu secara tiba-tiba dari panas menjadi dingin, dimana penyok bodi mobil ini akan tertarik akibat hentakan daya dorong yang muncul akibat perubahan suhu yang drastis di dalam waktu yang singkat.
Seperti yang diketahui, hair dryer mampu meningkatkan suhu secara drastis dan cairan karbondioksida mampu menurunkan nya secara cepat sekitar -109 derajat celcius.

Dengan perubahan suhu yang drastis dapat mengembalikan bentuk bodi mobil yang tadinya penyok menjadi rata dan kembali ke bentuk asalnya. Namun ingat Sahabat Garasi, cara ini hanya dapat kamu gunakan untuk memperbaiki mobil yang penyok dengan ukuran yang kecil bukan dalam skala yang besar dan terdapat bagian yang hancur.

3. Menggunakan Es Batu

Selain menggunakan metode yang dipanaskan, kalian juga bisa mencoba menggnakan es batu sebagai cara memperbaiki bodi mobil yang penyok.

Caranya pun sangat mudah, namun sebelumnya kalian perlu memperhatikan langkah-langkah dibawah ini agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Berikut informasinya:

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan.
2. Kemudian kalian hanya perlu menempelkan es batu pada bagian bodi mobil yang penyokdan biarkan selama kurang lebih 2 menit.
3. Tunggu hingga butiran-butiran berbentuk salju yang keluar dan mengintasi bagian bod mobil yang penyok tersebut.
4. Setelah itu lepaskan es batu tersebutdan gunakan hair dryer hingga bagian bodi yang penyok pada mobil kalian menghilang.
5. Cara ini dapat kalian gunakan bila kondisi mobil kalian tidak terlalu rusak parah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.